Legislator PPP: Letak Rusunami Harus Tepat

oleh : -
Legislator PPP: Letak Rusunami Harus Tepat
Buchori Imron

Jatimupdate.id - Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Buchori Imron menyambut positif rencana pembangunan rumah susun sederhana milik (Rusunami).

Namun, ia mengingatkan agar Pemkot  benar benar memperhatikan letaknya, memetakan daerah mana yang benar-benar membutuhkan Rusunami.

"Rusunami ini untuk mengatasi numpuknya permohonan warga yang sudah mencapai 12.000." beber Anggota Komisi C tersebut.

Di samping itu, Buchori juga menekankan berapa kocek yang harus dikeluarkan  penghuni atau pemilik. Sekaligus menyarankan bangunan rusun lebih dari 5 lantai. Mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki Pemkot.

"Jangan membangun 5 lantai,  tapi bagaimana supaya lebih bahkan kalau bisa 10 lantai." ujar Buchori.

Sementara, upaya kerjasama dengan pihak swasta atau investor dinilainya sangat tepat. Namun dari dari sudut pandangnya, harus ada transparansi berapa modal yang harus digelontorkan pengembang. Begitupula profitnya perlu disepakati diawal kerjasama.

"Jangan sampai eker-ekeran dibelakang hari. Konsumen juga harus bisa menjangkau. Kalau tidak, ya tidak akan dipakai masyarakat menengah ke bawah." Demikian tutup Buchori.

Sebagai informasi: Pemkot akan membangun rumah susun sederhana milik (Rusunami) di 9 titik lokasi lahan milik Pemkot pada 2023 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, Irvan Wahyudrajad, 9 titik lokasi itu terdiri dari 31 blok. 6 lokasi Rusunami, di antaranya ada di Tambak Wedi, Menanggal, Kedung Cowek, Bulak Banteng, Gunung Anyar, dan Medokan Ayu.

"Rencananya, Rusunami dibangun mulai tahun depan,” kata Irvan