Mahasiswa Untag Sokong Peran Humas Polrestabes Lewat Desain Grafis

oleh : -
Mahasiswa Untag Sokong Peran Humas Polrestabes Lewat Desain Grafis
Zahwa Bulan (kerudung ungu) bersama jajaran Humas Polrestabes Surabaya.

Jatimupdate.id - Magang merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dilalui oleh para mahasiswa. Dalam praktiknya, mahasiswa melaksanakan kerja lapangan pada suatu instansi atau perusahaan tertentu.

Hal ini pula turut dilakukan oleh Zachwa Bulan Oktobiani H Ali, mahasiswa program studi (prodi) Ilmu Komunikasi (ilkom) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Dalam merealisasikan program magangnya, perempuan kelahiran 2000 ini dipercaya untuk mengemban tugas di Polrestabes Surabaya, salah satu Badan Nasional Pemerintah Republik Indonesia. Sesuai backround pendidikan yang ditempuh, Zachwa kemudian di-plot ke dalam bidang hubungan masyarakat (humas).

"Selama magang di Polrestabes Surabaya, saya belajar banyak mengenai tugas kehumasan di sektor kepolisian. Saya dilibatkan dalam serangkaian kegiatan dokumentasi, termasuk membuat desain grafis untuk kebutuhan media informasi dan komunikasi Polrestabes Surabaya," kata Zachwa, Selasa (5/7/2022).

Total ada sebanyak 150 lebih desain grafis yang digarap oleh Zachwa. Hasil desainnya itu kemudian di-upload ke media sosial (medsos). Ditayangkan pada kanal medsos Instagram, Facebook, dan Twitter milik Polrestabes Surabaya.

Zachwa menjelaskan, Humas Polrestabes Surabaya memiliki rangkaian struktur organisasi. Ada Biro Penerangan Masyarakat, Biro Pengolahan Informasi dan Data, Biro Multimedia, dan Biro Perencanaan Informasi.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini lantas diberdayakan untuk ikut berkontribusi dan mendapatkan kesempatan belajar mendalami peran humas di bagian pengelolaan informasi dan dokumentasi Humas Polrestabes Surabaya.

Dia pun banyak mempelajari mengenai kegiatan pengolahan informasi dan dokumentasi yang menyangkut kriminalitas maupun berita yang berkaitan dengan kepolisian.

"Saya ditempatkan di bagian pengelolaan informasi dan dokumentasi, di mana terlibat secara langsung dalam beberapa kegiatan humas seperti apel pagi, press release, dan kunjungan kerja Polrestabes Surabaya ke instansi lain," urai perempuan kelahiran Surabaya ini.

Di samping disibukkan dengan desain grafis selama magang, Zachwa juga ditugaskan untuk menulis peristiwa yang berhubungan dengan Polrestabes Surabaya.

"Sempat menulis berita, tetapi hanya lima saja. Yang ditulis seperti ungkap kasus oleh Polrestabes Surabaya, giat apel pagi, kemudian hasil tulisan saya itu nantinya didistribusikan ke media massa atau pers," jelasnya.

Zachwa memang lebih banyak diberdayakan di sektor desain grafis. Bahkan hasil garapannya dinilai sangat layak oleh Kepala Seksi Humas (Kasihumas) Polrestabes Surabaya Kompol Muchamad Fakih.

Karena itu, semula Kegiatan magang yang hanya 30 hari kemudian diperpanjang menjadi dua bulan. Terhitung, mahasiswa Fisip ini magang sejak 9 Maret 2022 sampai dengan 24 Mei 2022.

"Saya merasa senang dapat merealisasikan program magang di Humas Polrestabes Surabaya. Saya jadi bisa mendapatkan banyak pengalaman. Selain itu, saya juga disambut baik oleh jajaran Humas Polrestabes Surabaya yang secara tidak langsung mendukung kegiatan praktik magang, serta membantu kelancaran pendidikan kuliah saya," tuntas Zachwa.

Sementara itu, Kasihumas Polrestabes Surabaya Kompol Muchamad Fakih mengapresiasi kehadiran mahasiswa magang Untag Surabaya. Dia menilai, kedatangan Zachwa sangat membantu kehumasan dalam mengawal peran sentral kepolisian.

"Termasuk Zachwa, dia gigih dan handal. Dengan konten desain grafis yang diproduksinya itu dapat mendiseminasi sebuah informasi dan berita melalui semua platform media sosial Polrestabes Surabaya, sehingga opini dan sentimen publik dapat dikelola untuk tujuan yang positif," tandas Fakih.