BHS Bersama Warga Ikut Panen Raya di Tambak

SIDOARJO - Disebut-sebut memiliki multi player effect yang besar dalam kegiatan perekonomian, Calon Bupati Sidoarjo bernomor urut 1, Bambang Haryo Soekartono (BHS) ingin mensupport semua kegiatan produksi pangan yang ada.

Hal itu, disampaikan saat menghadiri panen raya petani tambak Ikan Mujaer di Desa Banjar Kemantren, Buduran, Sidoarjo.

Menurutnya, sumber daya pangan di Sidoarjo banyak yang bisa digali dan dioptimalkan.

"Salah satu contoh produksi pangan yang dihasilkan dari petani tambak ini. Tambak yang dibuat sendiri menggunakan kolam ini sangat praktis dan hasil panennya juga bagus," ujar BHS, Jumat (20/11/2020).

Tambak yang dikelola oleh Mustofa, warga desa, menurut BHS memang kualitasnya sangat bagus. Terlebih, yang bersangkutan bisa meminimalisir angka kematian ikan dalam sekali tebar bibit.

Terkait multi player effect dari kegiatan produksi pangan sendiri, BHS menjelaskan seperti hasil panen yang bagus tersebut, pendistribusiannya pasti melibatkan beberapa pihak.

Mulai dari transportasi angkutan, masuk pasar hingga jejaring restoran ataupun hotel.

"Jadi kegiatan ini sangat berdampak besar, khususnya pada pembukaan lapangan pekerjaan. Contoh jika masuk di hotel ada pramusaji dan chef-nya yang akan mengolah dan lain-lain," ucapnya.

Apabila mendapatkan kepercayaan warga sebagai bupati Sidoarjo, BHS memastikan akan mendukung penuh kegiatan produksi pangan tersebut. Mulai dari sisi permodalan hingga sisi pemasarannya.

Hal itu juga merupakan bagian program prioritas dari calon nomor urut 1 tersebut, ketahanan pangan dianggap sangat penting di wilayah Sidoarjo. Segala bentuk hasil produksi pangan tersebut menurutnya juga untuk masyarakat Sidoarjo.

"Contoh sederhananya dari pemasaran ikan ini juga akan kita arahkan pada program makan ikan gratis. Renacananya kami lakukan sebulan sekali akan kita percepat dua minggu dan akan kami tingkatkan lagi satu minggu sekali. Hal itu tentunyan untuk mengentaskan angka stunting di Sidoarjo," tandasnya.

Reporter: M. Niam

Berita Terkait