Ditetapkan Dosen Inovatif Unitomo, Harliantara: Saya Bangun Iklim Komunikasi dengan Metoda Problem Solve

oleh : -
Ditetapkan Dosen Inovatif Unitomo, Harliantara: Saya Bangun Iklim Komunikasi dengan Metoda Problem Solve
Harliantara ditetapkan sebagai Dosen Inovatif dan Pendukung Penyelanggaraan Smart Campus di lingkungan Unitomo

Jatimupdate.id - Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Harliantara ditetapkan sebagai Dosen Inovatif dan Pendukung Penyelanggaraan Smart Campus di lingkungan Unitomo.

Penetapan diserahkan Rektor, Siti Marwiyah dalam Rapat Terbuka Senat dalam Rangka Dies Natalis yang diperingati 31 Juli dan  dilaksanakan, Senin (22/08).

Harliantara menjelaskan, kerja keras sejak memimpin Fikom sejak Oktober 2021 membuahkan penghargaan pada acara Dies Natalis Unitomo ke-41.

Menurutnya, banyak perubahan yang dilakukan pada penyelenggaraan pendidikan di Fikom untuk mendukung smart campus.

Dikatakan, Perubahan itu meningkatkan kualitas dosen dalam pelaksanaan Tri Darna perguruan tinggi: pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kemudian, Pembenahan administrasi pengelolaan pendidikan berbasis digital, pembangunan laboratorium audio dan visual (Radio & Televisi/Podcast) untuk praktek mahasiswa serta mengelola penyiaran radio swasta “101.1 ISTARA FM” Surabaya.

Mengembangkan vokasi dengan pelatihan marketing communication dan public speaking untuk mahasiswa dan umum. Lanjutnya, secara terus menerus mengupgrade dosen untuk meningkatkan literasi digital di era internet.

“Dan secara managerial saya membangun iklim komunikasi terbuka dengan metoda “Problem Solve”,” jelas Dr. Harliantara, M.Si.

Harliantara menuturkan, membangun ke pi-ar-an Fikom Unitomo bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Indosat, PWI Jatim, Dewan Pers, KPID Jatim, DPRD Kota Surabaya, Pemkot Surabaya, Direktorat Jendral Penyiaran KOMINFO, Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, dll.

“Serta melakukan promosi secara integrasi di semua media sosial dengan kreatif grafis dan video,” imbuhnya.

Puncak peringatan Dies Natalis ke-41 bertempat di Auditorium KH. Moh. Saleh, semarak acara sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi.

Rektor, Siti Marwiyah memimpin langsung jalannya acara yang dihadiri seluruh unsur sivitas akademika, di samping sejumlah undangan mitra dari kalangan dunia usaha-industri dan pemerintahan.

Dalam sambutannya, rektor menyampaikan sejumlah raihan seputar kegiatan Tri Darma PT bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan selama setahun terakhir. Berikut upaya-upaya pengembangan yang direncanakan di ketiga bidang itu.

“Meski menghadapi masa sulit pasca pandemi, seluruh civitas academika tetap semangat bersama untuk Unitomo MAJU, artinya Mekar, Adaptif, Jejaring, dan Unggul. Harapannya kita harus bisa meraih peringkat lebih tinggi, sebagai kampus unggul, bersaing dengan kampus-kampus papan atas Indonesia lainnya,” kata Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

Turut hadir, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VII, Prof. Dyah Sawitri, berkesempatan menyampaikan ucapan selamat dan semangat menjadi Kampus Unggul di usia yang matang, yakni ke 41 tahun.

“Dengan segala sumber daya yang dimiliki Unitomo saat ini, saya yakin, Unitomo bisa menjadi perguruan tinggi yang berkualitas world class university,” ujarnya.

Dalam Dies Natalis ke 41, sejumlah penghargaan diberikan untuk dosen dan karyawan hingga yang sudah purna.

Amirul Mustofa, Ketua Panitia Dies Natalis mengatakan penghargaan ini bersifat untuk memberi apresiasi dan semangat kekeluargaan bagi seluruh civitas academica Unitomo.

“Bagaimanapun unsur dosen dan karyawan merupakan bagian yang tidak terpisahkan menunju kampus unggul,” ungkapnya yang juga Wakil Rektor I ini.

Peringatan Dies Natalis Unitomo ke-41 tahun ini diisi sejumlah kegiatan akademik maupun non akademik. Mulai dari ziarah dan renungan di makam dr. Soetomo dalam rangka kebangkitan nasional, pelaksanaan Kuliah Umum Bela Negara, Kuliah Tamu, Pementasan Teater, hingga Parade Kegiatan yang dihelat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unitomo.