Bambang Haryo S. Calon Bupati Sidoarjo

SIDOARJO - Pengamat politik asal Surabaya Abdus Sair angkat bicara terkait potensi ketiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati di Sidoarjo.

Penetrasi yang telah dilakukan oleh kesekian paslon dinilai cukup menghangatkan suhu politik di Kabupaten Delta tersebut.

Dari ketiga Paslon Cabup Sidoarjo, menurutnya Bambang Haryo Soekartono (BHS) yang berpasangan dengan Taufiq Ulbar lebih dominan dari kedua paslon lainnya.

"Jadi sejauh yang saya lihat, BHS itu agak lebih kuat kalau menurut saya dibanding nomor dua," kata Abdus Sair saat dihubungi, Senin (23/11/2020).

Pengamat politik asal Surabaya Abdus SairPengamat politik asal Surabaya Abdus Sair

Menurutnya, kekuatan suara BHS cukup sulit untuk digoyang.  Beberapa kawasan urban telah dikuasai oleh paslon dari nomor urut satu tersebut.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) itu juga mengungkapkan, kawasan urban bukanlah kawasan yang bisa dianggap remeh, karena dari kesekian wilayah di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki hal pilih suara terbanyak.

"BHS itu kelebihannya ada di daerah urban, kawasan urban Sidoarjo itu daerah utara yang berbatasan dengan Surabaya mulai Waru, Taman hingga Buduran," jelasnya.

Menurutnya, kawasan utara itu terbilang kawasan terpadat dengan yang dominan dengan suara militan.

"Nah, kunci untuk Sidoarjo itu kan sebenarnya ada di Taman sebetulnya. Kenapa?karena wilayah itu adalah wilayah padat, jumlah penduduk paling banyak," tandasnya.

Reporter: M Niam

Berita Terkait

Berita Terpopuler