Oppie Andaresta Hibur Peserta dan Suporter Asik Bang di Sidoarjo

oleh : -
Oppie Andaresta Hibur Peserta dan Suporter Asik Bang di Sidoarjo
Penyanyi senior Oppie Andaresta jadi bintang tamu sekaligus juriajang pentas Aksi Musik Anak Bangsa atau dikenal dengan 'Asik Bang' yang di Gelar di salah satu kafe Kopi Dari Hati pada Selasa malam, (6/09/2022).

SIDOARJO (Jatimupdate) -Para peserta pentas Aksi Musik Anak Bangsa atau yang lebih dikenal Asik Bang yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bersama Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (BNPT-FKPT) Jawa Timur merasa terhibur dan antusias ketika penyanyi senior Oppie Andaresta berkenan menyumbangkan beberapa lagu andalannya.

Seperti diketahui 13 musisi yang terdiri atas solo, duo maupun grup musik mengikuti ajang pentas Aksi Musik Anak Bangsa atau dikenal dengan 'Asik Bang' yang di Gelar di salah satu kafe Kopi Dari Hati pada Selasa malam, (6/09/2022).

Penyanyi senior Oppie Andaresta dalam ajang Asik Bang tersebut awalnya diundang sebagai salah satu dewan juri, sedangkan juri lainnya yaitu Ratna Koin, kompuser yang relatif aktif dengan salah satu lagu ciptaannya telah membuat penyanyi cilik jalanan, Tegar bisa semakin tenar dibelantika musik tanah air.

“Jawa Timur memang gudangnya musisi, banyak musisi bekan tanah air sebelum hijrah ke Jakarta terlahir dari kota-kota di Jatim. Apalagi untuk genre musik Rock, Jatim memang terkenal sebagai sarangnya.

Dalam ajang Asik Bang ini tampak kualitas musisi-musisi di Jatim sangat terlihat bagus, bahkan bibit-bibit muda terlihat pada dua penyanyi cilik [Irma Nurmala dan Devinda Sanda Aurelia] atas masa depan musik Jatim dan Nasional,” kata Oppie sesaat akan mengumumkan tiga Nominasi terbaik ajang Asik Bang BNPT-FKPT Jatim.

Oppie menyampaikan kekagumannya atas tampilan para peserta Asik Bang di Jatim khususnya dari asal kota yang beragam serta jenis aliran musik yang ditampilkan.

Pada kontek lain, Oppie juga memberikan apresiasi atas lagu Salam Indonesia Harmoni karya Kepala BNPT Komjend Dr. H. Boy Rafli Amar yang dinilai sebagai lagu yang mudah diarransemen ke berbagai jenis aliran musik itu.

“Terbukti di Jatim, lagu Salam Indonesia Harmoni bisa ditampilkan dalam berbagai genre musik diantaranya Rock, Regge, Keroncong dan pop alternatif. Hebatnya di Jatim ada dua penyanyi solo yang berusia belia, dan sudah tampil cukup bagus. Termasuk penampilan sejumlah musisi dan seniman jalanan yang juga ikut meramaikan pentas Asik Bang. Pokoknya Jatim Keren Habis,” ungkap Oppie.

Disisi lain, Ratna Koin menyatakan potensi pemusik di Jatim cukup besar, sehingga perlu perhatian sejumlah pihak agar para seniman musik termasuk musisi jalanan bisa dibina serta diapresiasi karya-karyanya.

“BNPT-FKPT Jatim telah menjadi pelipur lara untuk bisa membina dan memberikan apresiasi bagi para seniman musik dan musisi jalanan dalam berkarya melalui pentas Asik Bang ini. Langkah ini semestinya diikuti oleh berbagai pihak sehingga pentas-pentas musik atau ajang kompetisi musik bisa semarak seperti era 1990 an lalu yang telah melahirkan banyak musisi top tanah air,” kata kompuser lagu yang pernah merasakan hidup sebagai musisi jalanan di kawasan Banyuwangi sejak belia itu.

Seperti diketahui para musisi yang tampil di ajang Asik Bang kali ini merasa sangat terhibur ketika dengan spontas Oppie Andaresta kemudian turun sendiri kepentas, dan berkalaborasi dengan gitaris J-Art , Firmas Blues asal Jember serta diiringi musisi lainnya menyanyikan sejumlah lagu hit andalannya.

Setidaknya lagu ‘Cuman Khayalan’ dinyanyikan Oppie telah mampu membuat seisi ruangan termasuk Direktur Pencegahan BNPT, Brigjend Pol Akhmad Nurwakhid beserta sejumlah pengurus FKPT Jatim dan tamu undangan turut larut bernyanyi bersama.

Dalam ajang Asik Bang di Jatim itu akhirnya terpilih sebagai 3 nominasi terbaik untuk mengikuti seleksi tahap nasional yaitu Nominasi pertama diraih Nusantara (Sidoarjo), Nominasi kedua diraih Free Line (Pasuruan) dan Nominasi ketiga diraih Morris (Jember). (YH)