Ratusan Kader dan Simpatisan PDIP Jatim Ziarah ke Makam Pejuang Partai

oleh : -
Ratusan Kader dan Simpatisan PDIP Jatim Ziarah ke Makam Pejuang Partai
Simpatisan dan kader PDIP Jatim saat ziarah ke makam pejuang partai

Jatimupdate.id - Memperingati HUT PDIP ke 50, ratusan kader dan simpatisan partai berlambang banteng moncong putih tersebut, ziarah dan tabur bunga ke makam pejuang partai.

Yaitu,  Sekjen DPP PDI Perjuangan 2005-2010, Sutjipto, serta makam Sudjamik Sutjipto, dan makam L. Soepomo di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih Surabaya, Kamis (12/1).

Ahli waris almarhum Sutjipto, Whisnu Sakti Buana yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader yang hadir. Ia menambahkan, ziarah ke makam pejuang partai di Jawa Timur, akan rutin dilakukan tiap tahun. Untuk mengingat sejarah perjuangan para pendahulu partai.

"Karena bagi kita semua, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai di Indonesia yang tidak berdiri hanya karena akta notaris, tapi kita ada karena tetesan keringat, darah dan air mata para pejuang kita," tegasnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi dalam sambutannya, menyampaikan. Melalui ziarah ini, para kader partai kembali diingatkan untuk melanjutkan semangat perjuangan para pendahulu yang tak pernah redup walau ditindas oleh berbagai kekuatan.

"Semoga dengan kita datang ke makam beliau, memori kita akan terbuka kembali, kita akan melihat dan meresapi perjuangan mereka, yang kemudian dalam kegiatan sehari-hari kita melakukan hal yg sama seperti yang beliau contohkan pada kita," sambung pria yang juga Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya, Adi Sutarwijono mengaku kegiatan ziarah ke makam para pejuang partai telah rutin dilakukannya di berbagai peringatan peristiwa penting sejak satu tahun lalu.

Misalnya  pada peringatan Peristiwa 27 Juli 1996 (Kudatuli), Hari Pahlawan, hingga HUT Kemerdekaan RI. "Ini rutin kami lakukan supaya generasi yang sekarang tidak lupa sejarah dan terjadi pewarisan sejarah, pewarisan api semangat dari generasi yang sebelumnya kepada generasi yang sekarang." ujarnya.

Tugas kita adalah melaksanakan, meneruskan seluruh cita-cita dan perjuangan beliau yang telah meninggalkan kita semua," pungkasnya.

Sekadar informasi, usai ziarah dan tabur bunga di TPU Keputih, para jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jatim dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur melanjutkan perjalanan ke Nganjuk untuk ziarah ke makam Mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Y.A Widodo.

Hadir dalam ziarah, jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, pengurus DPC PDI Perjuangan Surabaya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya, hingga kader ditingkat ranting. (roy)