Digitalisasi Ekonomi, Pacu Perluasan Sektor Pasar UMKM Surabaya

Reporter : -
Digitalisasi Ekonomi, Pacu Perluasan Sektor Pasar UMKM Surabaya
Anas Karno (kiri) yakin digitalisasi ekonomi pacu UMKM Surabaya memperluas pasar

Jatimupdate.id - Anas Karno, Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, meyakini pelaku UMKM di kota Pahlawan bisa berkembang dan naik kelas.

Keyakinan tersebut, didasarkan setelah pemkot melakukan banyak inovasi dan kolaborasi mengembangkan dengan sejumlah pihak. "Salah satunya menerapkan teknologi digital disektor ekonomi." ujar Anas, Senin (12/6).

Anas memaparkan, penerapan teknologi disektor ekonomi ini, pegiat UMKM lokal semakin berkembang, dapat semakin berkembang, serta memperluas pasar, yang menjangkau berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara. Sehingga untuk jadi raja dan tuan rumah di negeri sendiri, tidaklah sulit. "Jadi harus ada passion," tegas Anas.

Sehingga, tambah Anas, dalam menjalankan usaha ada rasa kebahagian, keceriaan yang dipadukan dengan kelapangan hati. "Serta serta syukur dalam jiwa untuk bisa terus eksis," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani berkolaborasi dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia, dengan melakukan live shopping. Keduanya saling unjuk kebolehan menawarkan produk UMKM yang ada di Surabaya Kriya Galeri (SKG) Siola secara online, Minggu (11/6).

"Kami berterima kasih kepada Tokopedia karena terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Hari ini kita menyampaikan kepada seluruh warga, bukan hanya di Surabaya, tapi seluruh Indonesia bahwa Surabaya memiliki Surabaya Kriya Galeri (SKG). Disinilah tempat UMKM Kota Surabaya, mulai dari makanan khas seperti makanan ringan, kemudian ada pakaian, hingga tas yang merupakan produk UMKM Surabaya, bahkan yang saya kenakan pun adalah produk UMKM Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi seusai live shopping.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani menyampaikan bahwa kegiatan live shopping bersama Tokopedia merupakan salah satu upaya memasarkan produk UMKM. Yaitu, mengenalkan produk UMKM Kota Surabaya, bukan hanya di Kota Surabaya tetapi juga di luar Kota Surabaya.

“Karena kita tahu bahwa Tokopedia memiliki jangkauan yang luas dan semakin memperluas pemasaran UMKM Surabaya. Salah satunya dengan live shopping secara online, mereka (viewer) bisa mengetahui produk UMKM di Surabaya. Jadi, bisa membeli produk UMKM melalui Tokopedia. Produk UMKM di SKG Siola maupun SKG Merr pun bisa diakses melalui Tokopedia,” kata Ning Rini Indriyani, sapaan lekatnya yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) Kota Surabaya. (roy)

Baca Juga: Warga Rusunawa Keputih Ingin Koperasi

Editor : Ibrahim