Ini Alasan Bupati Jember Berlakukan Tiket Wisata Gratis

oleh : -
Ini Alasan Bupati Jember Berlakukan Tiket Wisata Gratis
Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU bersama jajaran Pemkab Jember, Frokopimda dan perum Perhutani

JEMBER (Jatimupdate.id)  – Pemkab Jember  akan  melakukan ujicoba pemberlakuan tiket wisata gratis untuk beberapa titik wisata, yang pengelolaannya berada dalam kewenangan Pemkab Jember,  diantaranya Pantai Wisata Watu Ulo, Pemandian Patemon, dan  Wisata Rembangan.

Sedangkan untuk  Wana Wisata Pantai Papuma yang berada dibawah pengelolaan Perum Perhutani, Bupati Ir H Hendy Siswanto ST  IPU telah mengajukan surat permohonan Ujicoba Tiket Gratis kepada Direktur Perum Perhutani.

Menurut Bupati Hendy, saat berkunjung ke Pantai Papuma dan Watu Ulo, bersama Forkopimda Kabupaten Jember dan Perum Perhutani,  dalam rangka persiapan pemberlakuan tiket wisata gratis, pada Sabtu (30/04/2022) siang,  menjelaskan bahwa bijakan  itu merupakan upaya untuk menumbuhkan kembali animo masyarakat berwisata, setelah hampir lebih dari dua tahun mengalami masa pandemi covid-19.

“Jika animo masyarakat untuk berwisata tumbuh, maka diharapkan juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Hendy juga menegaskan bahwa pantai merupakan akses publik, yang untuk mengaksesnya tidak harus berbayar.

“Bahkan diseluruh dunia, tidak ada mengakses pantai harus berbayar,” tegasnya.

Jika orientasinya untuk meningkatkan Pendapatan Asli  Daerah (PAD) Kabupaten Jember, kata Hendy justru dengan tidak berbayar, maka akan berdampak pada meningkatnya pendapatan daerah.

“Nanti, setelah uji coba tiket gratis, kita akan buktikan, bahwa dengan cara tidak berbayar, maka pendapatannya akan semakin besar,” tandasnya.

Persiapkan Sarana dan Prasarana Pendukung

Menghadapi pemberlakuan wisata gratis itu, Hendy juga memperkirakan meningkatnya tingkat kunjungan masyarakat, sehingga Pemkab Jember dengan berkoordinasi bersama stakeholder lainnya, telah mempersiapkan antisipasi kecelakaan laut, dengan mengerahkan BPBD Jember Basarnas, PMI dan relawan.

”Disamping juga disiapkan sarana transportasi pendukung guna mengurai tingkat kepadatan pengunjung,” ujarnya.

Mengingat masih dalam Pandemi Covid-19, meski sudah mulai landai, Hendy berpesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kita berharap masyarakat jangan enggan tetap memperhatikan fasilitas Vaksin, protokol kesehatan yang ketat, kita masih di level 2, menuju ke level 1,"  tutupnya. (Agung)