Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Lamongan Diingatkan untuk Siap Hadapi Era Teknologi Digital

Reporter : -
Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Lamongan Diingatkan untuk Siap Hadapi Era Teknologi Digital
Para pemuda berprestasi yang mendapat apresiasi dari Bupati Lamongan usai upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun, Sabtu (28/10/2023)

LAMONGAN, JatimUPdate.id,- Hari Sumpah Pemuda di Lamongan, selain tetap dirayakan dengan upacara seremonial, juga diisi dengan sarasehan, Sabtu (28/10/2023).

Pada acara sarasehan, menghadirkan seorang narasumber Founder PT Duta Merpati Indonesia, Pradita Aditya yang menekankan kepada pemuda Lamongan agar siap menghadapi era kemajuan teknologi digital.

Baca Juga: Komunitas Mobil Sehat Lamongan Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang menjadi inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamongan mengajak kaum muda untuk bersama-sama memberikan pelayanan, implementasi pembangunan, dan meningkatkan keberdayaan masyarakat.

Apa yang ia sampaikan cukup beralasan, karena kolaborasi bersama pemuda sudah ditetapkan menjadi komitmen Kabupaten Lamongan, dan tertuang dalam misi kedua RPJMD 2021-2026 yakni mewujudkan sumber daya yang unggul berdaya saing, dan berakhlak responsif terhadap perubahan zaman.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas, agar tumbuh menjadi SDM unggul dan dapat diandalkan dalam pembangunan Lamongan kedepan," ungkapnya.

Komitmen pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan pemuda tahun 2022 mencapai 59,17. Dimana angka tersebut diukur dari 5 domain dasar meliputi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

Foto bareng usai sarasehan Hari Sumpah Pemuda  di Pendopo Lokatantra, Sabtu (28/10/2023) ZRFoto bareng usai sarasehan Hari Sumpah Pemuda di Pendopo Lokatantra, Sabtu (28/10/2023) ZR

"Capaian indeks pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan tahun 2022 capai 59,17, atau lebih tinggi dari rata-rata Provinsi Jawa Timur dan Nasional," ungkapnya.

Baca Juga: Ketua PWI Jatim Diacara Resepsi HPN dan HUT PWI ke-78 di Lamongan, Menyentuh

Pemkab Lamongan juga telah mengimplementasikan program prioritas bagi pemuda melalui inovasi Perintis (pendidikan terintergrasi dan gratis), Young Entrepreneur Succes, serta UMKM.

Ia berharap kepada pemuda Lamongan agar menjadi katalisator pemilu damai 2024. "Disini pemuda harus mampu memberikan literasi politik yang cerdas bagi masyarakat sehingga mewujudkan kondusifitas," tandasnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan sarasehan pemuda di Pendopo Lokatantra, dan kembali Yuhronur menandaskan harapannya kepada pemuda Lamongan agar responsif terhadap kemajuan teknologi digitalisasi. Dengan memahami digitalisasi merupakan salah satu kontribusi mengawal pembangunan di masa mendatang.

"Berada di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, pemuda Lamongan atau generasi gen z diminta untuk responsif terhadap kemajuan teknologi digitalisasi," katanya.

Baca Juga: Majelis Daerah KAHMI Lamongan Gelar Halal Bihalal dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Graha KAHMI

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini tidak bisa lepas dari teknologi dan digitalisasi, mari terus mengembangkan potensi digitalisasi untuk mengawal pembangunan kedepan.

Sementara itu, Pradita Aditya menambahkan, yang harus dipahami gen z saat ini adalah sandang, pangan, papan, dan pekerjaan. " Mulai sekarang hingga kedepan semua pekerjaan akan berhubungan dengan teknologi dan digitalisasi," katanya.

Pekerjaan yang ditekuni pasti dihadapkan dengan kemajuan teknologi digital. (ZR)

Para pemuda berprestasi yang mendapat apresiasi dari Bupati Lamongan usai upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun, Sabtu (28/10/2023)Para pemuda berprestasi yang mendapat apresiasi dari Bupati Lamongan usai upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun, Sabtu (28/10/2023)

Editor : Nasirudin