Kunci Integritas Proses Dan Hasil Pemilu Yang Jujur Dan Adil Harus Diawali Dengan Kuatnya Pengawasan

Reporter : -
Kunci Integritas Proses Dan Hasil Pemilu Yang Jujur Dan Adil Harus Diawali Dengan Kuatnya Pengawasan
Sebanyak 222 petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di kecamatan Bondowoso resmi dilantik oleh ketua Panwaslu Kecamatan Bondowoso pada Senin pagi (22/1) di Aula Serba Guna kampus IAI At Taqwa Bondowoso.

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Pelantikan PTPS merupakan salah satu rangkaian dalam tahapan rekrutmen petugas pengawas TPS. Selasa, (23/1/2024), Panwascam Bondowoso M. Aris Effendi dalam sambutannya saat melantik anggota pengawas TPS mengungkapkan bahwa pengawas TPS adalah ujung tombak dalam memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024 dapat berjalan langsung umum bebas dan rahasia.

Kunci integritas proses dan hasil pemilu yang jujur dan adil harus diawali dengan kuatnya pengawasan oleh pengawas TPS. "Pengawas TPS adalah ujung tombak dalam memastikan pemilu berjalan langsung, umum, bebas dan rahasia. Untuk itu harus diawasi dengan jujur dan adil" jelasnya.

Baca Juga: Forum Penyelamat Pemilu Jurdil Datangi DPRD Jatim, Tuntut Pemilu Diulang 

Harapannya PTPS memiliki pengetahuan dan pemahaman regulasi yang lebih, karena PTPS merupakan ujung tombak pengawasan dan menjadi wajah bagi lembaga kita Bawaslu, dalam hal ini Bawaslu kabupaten Bondowoso dan tentunya panwaslu kecamatan Bondowoso. Tentunya harus memahami regulasi dan aturan main yang memadai dalam pungut hitung dan pengawasannya untuk mendukung kinerja di TPS.

Menjadi pengawas TPS adalah Sebuah tugas mulia untuk mengawal pemilu 2024. Dan akan menjadi bagian dari sejarah terlahirnya kepemimpinan di negeri ini.

"Bapak ibu pengawas TPS, akan menjadi bagian sejarah, dan mencatatkan diri dalam sejarah pemilu 2024. Tentunya ini tugas mulia kita dalam menjadi petugas dalam mengawal pemilu 2024". Lanjut ketua panwascam dalam sambutannya.

Sebanyak 222 petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di kecamatan Bondowoso resmi dilantik oleh ketua Panwaslu Kecamatan Bondowoso pada Senin pagi (22/1) di Aula Serba Guna kampus IAI At Taqwa Bondowoso.

Ketua Panwaslu Kecamatan Bondowoso, M. Aris Effendi melakukan pengambilan sumpah dan janji dan melakukan pelantikan terhadap Pengawas TPS untuk menjadi petugas dalam Pemilu 2024 yang akan bertugas di 222 TPS yang tersebar di 11 Kelurahan / Desa di Kecamatan Bondowoso.

Baca Juga: Patroli Cyber 24 Jam, Kominfo RI Temukan 289 Hoax Selama Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Acara dimulai pukul 09.30, dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan pembacaan SK nama-nama Pengawas TPS oleh Kepala Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Bondowoso, Bapak Suliadi. Dilanjutkan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji, serta pembacaan pakta integritas oleh perwakilan Petugas Pengawas TPS.

Hadir dalam acara pelantikan, Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Ibu Sri Utami selaku Kepala Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Camat Bondowoso Bapak Suhari, Kapolsek Bapak Mardiyanto, dan perwakilan dari Koramil Bondowoso serta ketua KUA kecamatan Bondowoso yang sekaligus menjadi rohaniawan. Tak lupa pula hadir jajaran dari PPK kecamatan Bondowoso.

 

Sementara itu, Perwakilan dari Bawaslu, Sri Utami Kepala Kesekretariatan Bawaslu Bondowoso, berpesan agar pengawas TPS bekerja sesuai dengan tupoksi, sesuai Juknis yang ada dan harus selalu on the track.

Baca Juga: Empat Indikator Keberhasilan Pelaksanaan Pemilu 2024 Menurut Pj Gubernur, Apa Saja?

"Pesan dari pimpinan Bawaslu Bondowoso, teman-teman PTPS harus kerja sesuai Juknis dan on the track." Terang Sri Utami mewakili Pimpinan Bawaslu.

Setelah sesi sambutan, acara selesai diakhiri dengan do'a dari Rohaniawan dan ditutup dengan acara sesi foto bersama. Dan dilanjutkan dengan pembekalan dari komisioner panwascam kepada Pengawas TPS. (AR)

Editor : Yuris P Hidayat