Panwascam Bondowoso Gelar Bimtek Pengawas TPS

Reporter : -
Panwascam Bondowoso Gelar Bimtek Pengawas TPS
Keterangan Foto:- bimbingan teknis pengawas TPS Se kecamatan Bondowoso di ruang pertemuan SMK 1 Bondowoso, Minggu (4/2/2024).

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pemahaman pengawasan tempat pemungutan suara (PTPS), panwaslu kecamatan Bondowoso mengadakan bimbingan teknis pengawas TPS Se kecamatan Bondowoso di ruang pertemuan SMK 1 Bondowoso, Minggu (4/2/2024).

Tujuan dari kegiatan bimtek ini untuk membekali dan meningkatkan kapasitas serta kualitas dari pengawas tempat pemungutan suara. Bagaimana PTPS secara teknis mampu untuk melakukan kinerja pengawasan dengan baik. Paham dengan apa yang diawasi, dan harus bagaimana.

Baca Juga: Caleg DPRD Jatim Bawa Dua Box Bukti Kecurangan Ke Bawaslu Bangkalan

Menurut Aris, ketua panwascam Bondowoso dalam sambutannya mengatakan jika perlu untuk diadakan bimtek bagi pengawas TPS, karena pengawas TPS merupakan ujung tombak dalam pengawasan puncak tahapan pemilu, yakni pemungutan dan penghitungan suara.

"Pengawas TPS terpilih diharapkan memiliki kompetensi yang mumpuni. Pengawas Pemilu
TPS harus memahami tugas, wewenang dan kewajiban sebagai bagian dari pengawas pemilu
khususnya di tingkat TPS. Maka bimbingan teknis ini perlu diadakan." Tegas ketua panwas.

Baca Juga: Kapolres Nganjuk Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman Jelang Penghitungan Tingkat PPK

Dalam bimbingan teknis ini, dihadiri sebanyak 222 petugas pengawas TPS se kecamatan Bondowoso. Dan hadir pula Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso beserta anggota yang lain dalam memberikan materi.

Selain dari Komisioner Bawaslu Kabupaten Bondowoso, bimtek ini mengundang pemateri dari PPK Kecamatan Bondowoso, juga Komisioner Bawaslu Bondowoso periode kemarin, yaitu Frikas Abdillah dan Ridwantoro.

Baca Juga: Tuntut Pemungutan Suara Ulang, Ratusan Massa Bawa Keranda Ke KPU dan Bawaslu Bangkalan

Acara dibuka langsung oleh ketua panwascam Bondowoso, M. Aris Effendi. Dengan harapan PTPS bisa memahami dan menguasai kompetensi teknis dan non-teknis serta dapat berintegritas dalam menjalankan tugasnya serta menegakkan keadilan pemilu melalui penyelenggaraan pemilu yang demokratis.(AR)

Keterangan Foto:- Peserta bimbingan teknis pengawas TPS Se kecamatan Bondowoso di ruang pertemuan SMK 1 Bondowoso, Minggu (4/2/2024).Keterangan Foto:- Peserta bimbingan teknis pengawas TPS Se kecamatan Bondowoso di ruang pertemuan SMK 1 Bondowoso, Minggu (4/2/2024).

Editor : Nasirudin