UB Siap Kolaborasi Dengan KKP Implementasikan Ekonomi Biru

Reporter : -
UB Siap Kolaborasi Dengan KKP Implementasikan Ekonomi Biru
Keterangan Foto:- Penandatanganan MOU UB dengan KKP dalam acara Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024 yang digelar di Hotel Fairmont. Senin (5/2/2024)

Jakarta, JatimUPdate.id,- Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, Rektor Universitas Brawijaya (UB) resmi menandatangi MoU dengan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk kerjasama kedua lembaga membangun Kolaborasi peningkatan koordinasi dan sinkronisasi implementasi ekonomi biru di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Penandatanganan itu dilakukan disela acara Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024 yang digelar di Hotel Fairmont.

Baca Juga: Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM APIP, Ini Pesan Bupati Blitar

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Rektor UB, Prof widodo mengatakan, sebenarnya jalinan kerjasama antara UB dan KKP telah berjalan cukup lama. Mereka saling mendukung dalam hal-hal positif untuk meningkatkan berbagai hal yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan.

"Kita dari UB, dengan SDM yang melimpah kita sudah bekerjasama dengan KKP juga dalam rangka peningkatan produktivitas perairan dan sosial ekonomi di masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Jalin Kerjasama dengan 12 Perguruan Tinggi untuk Tingkatkan Kualitas SDM ASN

Sehingga, lanjut Prof Widodo, universitas bersama dengan KKP bahu membahu untuk meningkatkan sosial ekonomi dan pendidikan masyarakat yang ada di pesisir. "Dan tentu dengan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam perairan, khususnya pengolahan hasil perairan," kata dia.

Menurut Rektor UB, dengan menjalin kerjasama semacam ini, instansi pemerintahan dan juga perguruan tinggi bisa bersama-sama mencari sebuah solusi dan terobosan pada setiap hal yang terjadi di masyarakat.

"Ini sebuah kehormatan dan menjadikan kerjsama antara kementrian dan pendidikan tinggi menjadi lebjh baik dan meningkatkan sdm indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Universitas Brawijaya Kembalikan UKT Sesuai Kebijakan 2023

Selain UB, ada bebarapa kementrian dan juga universitas yang juga menandatangani MoU serupa, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementerian PUPR, Kementrian Pertanian,  BPK, Universitas Syiah Kuala (USK), dan Universitas Hasanuddin (Unhas). (NT)

Keterangan Foto:- Pemanfaatan Big data Kelautan Untuk Implementasi Ekonomi BiruKeterangan Foto:- Pemanfaatan Big data Kelautan Untuk Implementasi Ekonomi Biru

Editor : Nasirudin