DPR RI Dorong Pengembangan Bahan Bakar Hidrogen di Indonesia

Reporter : -
DPR RI Dorong Pengembangan Bahan Bakar Hidrogen di Indonesia
Bambang DH (tiga dari kiri)

Surabaya,JatimUPdate.id - Anggota Komisi VII DPR-RI, Bambang DH menyatakan keinginan pemerintah untuk memasifkan transportasi listrik belum sepenuhnya memadai. 

Sebab beber Bambang DH sampai hari ini kesiapan infrastruktur pendukung mesih belum merata. Ia menjelaskan penerapan kendaraan listrik belum menjadi cara yang efektif untuk membantu peningkatan efisiensi energi. 

Baca Juga: Komisi VII DPR RI bersama BPH Migas Sosialisasi Tata Kelola dan Regulasi Bahan Bakar Minyak

Pun ketahanan energi, dan konservasi energi yang ramah lingkungan. Hal ini dinilai dari masih tingginya angka emisi karbon terutama di kota-kota besar. 

"Masyarakat pengguna kendaraan listrik masih banyak yang mengeluh soal ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang belum terlalu merata di beberapa daerah, itu harus jadi perhatian," terang Bambang DH kepada wartawan, Minggu (24/3).

Baca Juga: Lora Gopong, Terpilih Jadi Caleg DPRRI Kader PKB Jember Malah Minta Dipecat

Untuk itu, ia mendorong pengembangan bahan bakar hidrogen di Indonesia. Berdasarkan klaim riset, hidrogen dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan dibandingkan BBM atau listrik sehingga lebih efektif dan efisien untuk penggunaan kendaraan.

"Kita bisa berkaca pada Jepang yang sekarang sudah riset mengembangkan bahan bakar Hidrogen, proses pengisian hidrogen pun lebih cepat dibandingkan BBM dan listrik jadi bisa lebih efektif dan efisien," jelasnya.

Baca Juga: Komisioner KPU Bangkalan Dituding Jadi Tim Sukses Caleg DPR RI

Pemerintah sambung, eks Walikota Surabaya itu harus berinovasi agar bahan bakar hidrogen menjadi energi yang ramah lingkungan.

"Saya harap ada usaha untuk melakukan jemput bola terhadap inovasi dan pengembangan bahan bakar hidrogen di Indonesia sebagai salah satu energi terbarukan yang ramah lingkungan,"imbuhnya. (*)

Editor : Redaksi