Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Level 3 (Proaktif)

Reporter : -
Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Level 3 (Proaktif)
Penjabat Bupati Pasuruan, Andriyanto

Pasuruan, JatimUPdate.id,- Pemerintah Kabupaten Pasuruan berhasil meraih penghargaan prestisius atas pencapaian dalam memenuhi kelengkapan atribut pada sembilan variabel yang menjadi standar pengadaan barang/jasa. Melalui Bagian Pengadaan Barang/Jasa, Pemkab Pasuruan memperoleh penghargaan Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3 (Proaktif) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Penjabat Bupati Pasuruan, Andriyanto, menyampaikan bahwa Pemkab Pasuruan meraih penghargaan level 3 proaktif ini karena telah secara optimal menjalankan fungsi pengadaan barang/jasa dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi, serta penguatan fungsi perencanaan bersama pelanggan internal dan eksternal.

Baca Juga: DPC Gerindra dan PDI-Perjuangan Bersatu dalam Mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang Lebih Baik

Andriyanto juga mengucapkan terima kasih kepada Bagian Pengadaan Barang/Jasa yang terus proaktif sebagai UKPBJ yang menjadi pusat keunggulan pengadaan. Hal ini sejalan dengan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang tertuang dalam Perpres No. 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, serta Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Baca Juga: Mengantar Anak Bangsa di Pasuruan Menjadi Sarjana

"Tingkat kematangan unit kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3/Proaktif merupakan standar minimum yang wajib dimiliki oleh UKPBJ Pemerintah Daerah. Pada level ini, UKPBJ dituntut untuk memiliki tata kelola profesional, organisasi yang adaptif, melakukan pembelajaran yang berkelanjutan, dan kolaboratif dengan stakeholder," jelas Andriyanto.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Pasuruan, Nurul Puspitaningrum, menambahkan bahwa kesembilan variabel yang dimaksud terdiri dari manajemen pengadaan, manajemen penyedia, manajemen kinerja, manajemen risiko, pengorganisasian, tugas dan fungsi, perencanaan SDM, pengembangan SDM, dan sistem informasi.

Baca Juga: Kalaksa BPBD Jatim Kunjungi Dan Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Kabupaten Pasuruan

Penghargaan ini menandai bukti nyata peningkatan kapabilitas dan tata kelola yang berkesinambungan di Pemkab Pasuruan, serta menjadikan UKPBJ sebagai agen pengadaan yang berperan strategis dalam pencapaian tujuan pemerintah. (NT)
 
 
 
 
 

Editor : Yuris P Hidayat