Kunjungan Kerja ke Jember, Wantannas Dorong Pengembangan Ketahanan Pangan

Reporter : -
Kunjungan Kerja ke Jember, Wantannas Dorong Pengembangan Ketahanan Pangan
Deputi Wantannas Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar Beserta Rombongan Saat Mengunjungi Pengolahan Kedelai Edamame PT GMIT di Jember

Jember, Jatimupdate.id - Dalam kunjungan kerja di Jember, Sabtu (28/4/2024) rombongan Wantannas (Dewan Ketahanan Nasional) menyempatkan diri untuk mengunjungi sejumlah perusahaan dan institusi yang berperan penting dalam pengembangan ketahanan pangan.

Salah satu perusahaan yang dikunjungi adalah PT Gading Mas Indonesia Teguh, yang bergerak di bidang pengolahan kedelai edamame.

Baca Juga: Harga Wedung Pace Selangit, Pataji Nuso Barong Minta Pemkab Jember Selamatkan Warisan Leluhur 

Selain itu, Wantannas juga melakukan kunjungan ke PT Pupuk Indonesia, fasilitas penggilingan padi, dan gudang Perum Bulog di wilayah Kabupaten Jember.

Dalam pernyataannya, Deputi Wantannas Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar menyampaikan bahwa pengembangan ketahanan pangan harus dilakukan secara terintegrasi melalui skema pentahelix.

Skema ini melibatkan pemerintah, perguruan tinggi, sektor usaha (swasta dan BUMN), dunia pers, pemerintah desa, serta warga desa.

"Kami percaya bahwa kolaborasi lintas sektor adalah kunci untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan," ujar Mayjen TNI Syachriyal.

Lebih lanjut, pengembangan ketahanan pangan akan difokuskan pada ketahanan pangan desa dengan memanfaatkan dana desa serta tanah kas desa.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian pangan di tingkat lokal dan mengurangi ketergantungan pada impor pangan.

Baca Juga: Kunjungi Pameran dan Bursa Ekraf 2024, Pataji Nuso Barong Berkomitmen Lakukan Edukasi

Tak hanya itu, Wantannas juga memiliki rencana untuk melakukan pengembangan ketahanan pangan di daerah lain.

Di Malang, akan dilakukan kerjasama dengan Universitas Brawijaya dalam bidang Perikanan dan Peternakan.

Sedangkan di Jember, kerjasama akan dilakukan dengan Universitas Negeri Jember dalam bidang Pertanian, Perkebunan, dan Agrobisnis.

Terakhir, Wantannas juga akan melakukan kerjasama di Madura dengan Universitas Trunojoyo Madura dalam bidang perikanan dan tambak garam.

Baca Juga: Heboh Fenomena Alam Awan Berlubang di Langit Jember

Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengakselerasi upaya pengembangan ketahanan pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya kolaborasi lintas sektor dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan Indonesia dapat mencapai ketahanan pangan yang kokoh dan berkelanjutan untuk menjawab tantangan masa depan.(KB)

Rombongan Wantannas Saat Mengunjungi Fasilitas Penggilingan Padi Milik Bulog di JemberRombongan Wantannas Saat Mengunjungi Fasilitas Penggilingan Padi Milik Bulog di Jember

Editor : Yuris P Hidayat