Pelindo dan Pemkot Surabaya Mulai Bahas Rencana Pengoperasian Fly Over Terminal Teluk Lamong

Reporter : -
Pelindo dan Pemkot Surabaya Mulai Bahas Rencana Pengoperasian Fly Over Terminal Teluk Lamong
Walikota Surabaya Eri Cahyadi bersama Direktur Investasi Pelindo, Boy Robyanto

Surabaya, JatimUPdate.id,- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Pemerintah Kota Surabaya telah memulai pembahasan mengenai rencana pengoperasian fly over Terminal Teluk Lamong. Fly over ini merupakan bagian integral dari proyek pengembangan pelabuhan Terminal Teluk Lamong yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Rencana pengoperasian fly over tersebut dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) Penerbitan Sertifikat Layak Fungsi (SLF) Fly Over Terminal Teluk Lamong, yang diselenggarakan di Hotel DoubleTree Surabaya pada hari Senin (29/04).

Baca Juga: Lanjutkan Program Inovatif, PDI Perjuangan Jatim Pastikan Kawal Eri - Armuji 

FGD dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk Direktur Investasi Pelindo, Walikota Surabaya, perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, serta beberapa instansi terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Investasi Pelindo, Boy Robyanto, menyampaikan harapannya agar Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dapat segera diterbitkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Boy Robyanto juga menegaskan bahwa Pelindo telah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan agar fasilitas ini dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah.

"Kondisi Fly Over TTL saat ini sudah selesai pembangunannya dan siap untuk dioperasikan. Semoga setelah ini bisa segera kita manfaatkan bersama dengan dukungan Pak Walikota Mas Eri. Terlebih beberapa kami sudah sempat dipergunakan pemkot untuk akses ketika ada kegiatan Stadion GBT," ujar Boy Robyanto.

Sementara itu, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Surabaya terhadap rencana pengoperasian fly over. Eri Cahyadi bahkan meminta agar rencana tersebut dapat segera terwujud karena dianggap akan memberikan banyak manfaat kepada semua pihak, terutama masyarakat, mengingat fly over ini terhubung dengan akses menuju Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Kita dukung penuh rencana ini, SLF sudah tidak ada kendala. Harapannya tahun ini bisa digunakan untuk umum agar nanti konektivitas lalu lintas kawasan sana lebih lancar. Apalagi ini kan nyambung dengan jalan menuju GBT," ujar Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Pembahasan rencana pengoperasian fly over Terminal Teluk Lamong ini menunjukkan komitmen bersama antara PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kota Surabaya dalam meningkatkan infrastruktur dan pelayanan transportasi yang memadai bagi masyarakat. Diharapkan, dengan selesainya proses penerbitan SLF, pengoperasian fly over ini dapat segera direalisasikan untuk memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh stakeholders terkait.

Baca Juga: Eri Cahyadi Ngantor di Kelurahan, DPRD Bikin Was-was Petugas Pelayanan

Meningkatkan Konektivitas Lalu Lintas Darat dan Laut

Fly Over Terminal Teluk Lamong sepanjang 2,4 kilometer yang dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah meraih predikat sebagai salah satu proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. Proyek megah ini berhasil diselesaikan pada tahun 2021, menandai tonggak bersejarah dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Surabaya.

Keberadaan Fly Over Terminal Teluk Lamong tidak hanya menjadi sebuah simbol kemajuan teknologi dan infrastruktur, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam meningkatkan konektivitas lalu lintas darat dan laut di kawasan Terminal Teluk Lamong, Surabaya. Dengan panjang mencapai 2,4 kilometer, fly over ini memberikan solusi terhadap kemacetan yang sering terjadi di sekitar terminal tersebut.

Selain itu, fly over ini juga memiliki rencana untuk terhubung dengan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Rencana ini diharapkan dapat memberikan akses yang lebih lancar dan efisien bagi kendaraan yang menuju dan meninggalkan Terminal Teluk Lamong.

Baca Juga: Gelar Halal Bihalal, DMI Surabaya Tagih Komitmen Eri Cahyadi 

Proyek Fly Over Terminal Teluk Lamong tidak hanya sekadar menjadi infrastruktur fisik, tetapi juga menjadi wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam memajukan sektor transportasi dan logistik di wilayah Surabaya. Dengan adanya fly over ini, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih efisien dan produktif bagi masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat dalam proses distribusi barang dan jasa.

Keberhasilan pembangunan Fly Over Terminal Teluk Lamong menjadi bukti nyata bahwa investasi dalam infrastruktur adalah langkah penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kota Surabaya, proyek ini tidak hanya menjadi kebanggaan lokal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pembangunan infrastruktur di seluruh negeri. (NT)

ilustrasi Fly Over Teluk Lamongilustrasi Fly Over Teluk Lamong

Editor : Yuris P Hidayat