Adhy Karyono: Jawa Timur Siap Dukung Program Nasional FOLU Net Sink 2030

Reporter : -
Adhy Karyono: Jawa Timur Siap Dukung Program Nasional FOLU Net Sink 2030
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat menerima audiensi staf ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Haruni Krisnawati, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Surabaya, JatimUPdate.id,- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memastikan bahwa segenap masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap mendukung program nasional Indonesia's Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Pernyataan tersebut disampaikan Adhy saat menerima audiensi staf ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Haruni Krisnawati, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Dalam audiensi tersebut, Adhy menyambut baik rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang akan melakukan sosialisasi secara masif program FOLU Net Sink 2030 di Jawa Timur. Program ini menjadi sangat penting mengingat tujuannya untuk menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan.

Baca Juga: Jatim Peringkat Tiga Penghasil Migas Nasional

"FOLU Net Sink 2030 adalah sebuah kondisi yang ingin dicapai melalui penurunan emisi GRK dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan dengan tingkat serapan yang sama atau lebih tinggi dari tingkat emisi," jelas Adhy.

Menyadari urgensi penurunan emisi GRK untuk mengendalikan perubahan iklim, terutama di sektor kehutanan dan lahan, Adhy menegaskan komitmen Jawa Timur untuk memberikan dukungan dan fasilitasi program tersebut.

Baca Juga: Pj. Gubernur Jatim Minta Kepala Daerah Wujudkan Suasana Kondusif di Pilkada Serentak 2024

Lebih lanjut, Adhy berharap kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi wadah untuk koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan stakeholder terkait, termasuk masyarakat, dalam upaya bersama mengurangi dan mengendalikan emisi karbon.

"Hadirnya seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat, daerah, dan stakeholder, diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan saling berbagi pengetahuan agar implementasi program Indonesia's FOLU Net Sink 2030 dapat tercapai sesuai target," tandasnya.

Baca Juga: Pj. Gubernur Jatim Resmikan Tanggul Sungai Mujur dan Jembatan Kloposawit

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Timur, Kepala Balai Besar KSDAE Kementerian LHK Wilayah Jawa Timur, Kepala BPDAS Brantas, dan Kepala BPHL wilayah 7 Surabaya.(NT)

Editor : Yuris P Hidayat