Warga Sidoarjo Terima Bantuan Pangan Beras

Reporter : -
Warga Sidoarjo Terima Bantuan Pangan Beras
Plt. Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Bantuan Pangan Beras di Kecamatan Candi

Sidoarjo, JatimUPdate.id,- Pemerintah pusat kembali menyalurkan bantuan pangan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di Kabupaten Sidoarjo. Sebanyak 92.127 warga Sidoarjo yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima 10 kg beras Bulog selama enam bulan berturut-turut. Bantuan yang didistribusikan bulan ini merupakan alokasi untuk bulan April.

Pendistribusian dimulai di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sedati, Waru, dan Kecamatan Candi. Plt. Bupati Sidoarjo, H. Subandi SH, M.Kn, secara langsung memonitoring pendistribusian di Kecamatan Candi pada pagi tadi, Senin (20/5). Secara simbolis, beliau menyerahkan bantuan tersebut kepada warga Desa Kalipecabean, Desa Klurak, dan Desa Kebonsari di Kecamatan Candi.

Baca Juga: KPPU Bentuk Tim investigasi Indikasi Praktik Persaingan Usaha Tidak sehat Dibalik Kenaikan Harga Beras

Bupati Subandi turun langsung untuk memastikan bahwa bantuan pangan beras CPP dari Badan Pangan Nasional ini tepat sasaran. "Kalau ada orang yang dipandang mampu tapi masuk dalam data atau ada data tapi orangnya sudah meninggal, harus dimusyawarahkan (Musdes) untuk diganti, dan datanya diambil dari TKSK kecamatan dan Dinas Sosial," ucapnya.

Beliau berharap data KPM penerima bantuan benar-benar valid, sehingga warga yang tidak mampu tidak terlewatkan. Jika terdapat data KPM yang mampu atau sudah meninggal, segera diganti agar bantuan dapat diterima oleh mereka yang benar-benar berhak. "Saya sudah berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Pangan dan Pertanian. Saya menginginkan bantuan beras ini berasal dari beras petani yang ada di Kabupaten Sidoarjo," tambah Subandi.

Baca Juga: Kendalikan Harga Bahan Pangan Jelang Ramadhan, Pemkab Lamongan Gencar Lakukan dengan Dua Cara

Untuk Kecamatan Candi, penerima bantuan pangan beras meliputi 725 KPM di Desa Kalipecabean, 449 KPM di Desa Klurak, dan 512 KPM di Desa Kebonsari.

Di Kecamatan Waru dan Kecamatan Sedati, bantuan disalurkan kepada total 2.551 KPM. Rincian penerima di Kecamatan Waru adalah 485 KPM di Desa Tropodo, 810 KPM di Desa Tambak Rejo, dan 346 KPM di Desa Tambak Sawah. Di Kecamatan Sedati, penerima bantuan meliputi 290 KPM di Desa Pabean, 360 KPM di Desa Sedati Gede, dan 330 KPM di Desa Sedati Agung.

Baca Juga: TPID Bondowoso Gelar Rakor Tangani Melonjaknya Harga Beras, Cabai Merah dan Daging Ayam

Tujuan dari program bantuan pangan beras ini adalah untuk pengendalian inflasi dan peningkatan sektor pertanian, terutama di Kabupaten Sidoarjo. Bantuan beras CPP dari pemerintah pusat diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan KPM dan stabilitas perekonomian daerah.

Dengan total bantuan sebesar 10 kilogram beras per KPM per bulan, program ini diharapkan dapat berjalan lancar selama enam bulan ke depan, memberikan manfaat yang signifikan bagi warga Sidoarjo yang membutuhkan.(YH)

Editor : Yuris P Hidayat