KPPU Sosialisasikan dan Dampingi Usaha Peternak di Bali Agar Sesuai Prinsip Kemitraan Yang Sehat

Reporter : -
KPPU Sosialisasikan dan Dampingi Usaha Peternak di Bali Agar Sesuai Prinsip Kemitraan Yang Sehat
Kantor Wilayah (Kanwil) IV Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para peternak serta kemitraan usaha,

Surabaya, JatimUPdate.id,- Kantor Wilayah (Kanwil) IV Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar sosialisasi dan pendampingan bagi para peternak serta kemitraan usaha, bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, di Surabaya pada Rabu (29/5/2024).

Dalam acara tersebut, Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy Rakhmad Sutrisno, menyampaikan bahwa sejak tahun 2023 Pemerintah Provinsi Bali melalui Satgas Pengawasan Implementasi Kemitraan Peternakan secara aktif melakukan pengawasan terhadap pelaku kemitraan di 9 kabupaten dan kota. Pengawasan ini terutama berfokus pada perjanjian kerja sama antara inti dan plasma serta kesesuaian antara perjanjian dan kenyataan di lapangan, mengacu pada Permentan No. 13 Tahun 2017.

Baca Juga: Lagi, PPSDS Jatim Ragukan Data Disnak Terkait Ketersediaan Sapi Siap Potong

"Pada awal pelaksanaan pengawasan masih terdapat keraguan dari pelaku usaha dalam menyampaikan perjanjian kerja sama. Namun, kesadaran pelaku usaha mulai muncul seiring berjalannya waktu," ujar Dendy. Ia juga mengapresiasi pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali, yang berhasil meningkatkan kesadaran pelaku usaha akan pentingnya penyampaian perjanjian kerja sama kemitraan serta daftar pelaku usaha mikro kecil yang menjadi mitra kepada Pemerintah Provinsi Bali.

Baca Juga: Temui Baleg DPR, KPPU Tekankan Usulan Amandemen UU Persaingan Usaha Segera Dibahas

Selanjutnya, Dendy menekankan bahwa KPPU akan segera mereview perjanjian kemitraan dan pelaksanaan perjanjian yang dilaksanakan para pelaku usaha peternakan di Bali. "Perjanjian kemitraan tersebut akan direview dan data-data dimaksud akan dinilai baik dari segi substansi perjanjian kemitraan maupun pelaksanaannya. Kami akan memastikan bahwa perjanjian tersebut telah selaras dengan prinsip kemitraan yang sehat sebagaimana tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2008," tegas Dendy.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada, juga memberikan apresiasi kepada KPPU atas sinergi dalam pengawasan sektor peternakan di Bali. "Terima kasih atas peran KPPU, khususnya Kanwil IV, dalam sosialisasi dan pengawasan terhadap perjanjian dan praktik kemitraan di sektor usaha peternakan di Bali. Dinas akan meningkatkan koordinasi serta sinergi dengan KPPU dalam pembinaan dan penyuluhan terhadap praktik kemitraan di sektor usaha peternakan di Bali," ungkapnya.

Baca Juga: KPPU Periksa Ahli Dalam Sidang Lanjutan Perkara Tender di Nusa Penida

Kegiatan ini menunjukkan komitmen bersama antara KPPU dan Pemerintah Provinsi Bali dalam mendukung usaha peternakan yang sehat dan berkelanjutan melalui pengawasan yang ketat dan pendekatan kolaboratif.(dji)

Editor : Nasirudin