Lahir Beasiswa Pemuda Tangguh

Ajeng: Sosialisasi Harus Masif, Tepat Sasaran dan Merata

oleh : -
Ajeng: Sosialisasi Harus Masif, Tepat Sasaran dan Merata
Ajeng Wira Wati/Foto:Roy

Jatimupdate.id - Hadirnya program beasiswa pemuda tangguh, diapresiasi Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Ajeng Wira Wati.

Ajeng menyatakan, program tersebut merupakan bantuan biaya pendidikan berprestasi untuk pemuda MBR, berdasarkan Perwali 21 dan 50 tahun 2022.

Adapun syarat Juknisnya melampirkan surat keterangan tidak mampu. “Saya apresiasi, saran dan apa yang saya perjuangkan akhirnya bisa sejalan dengan pemerintah kota Surabaya. Yaitu membuat program beasiswa, salah satunya pemuda tangguh, bantuan biaya pendidikan berprestasi untuk pemuda MBR." beber Ajeng kepada media ini

Lebih lanjut, Legislator Gerindra ini memaparkan, walau ada program dari pusat, yakni Indonesia pintar (PIP). Ia menilai sasarannya masih kurang luas.

Sehingga ketika turun ke lapangan, Ajeng mengaku kerap disambati wali murid yang membutuhkan beasiswa, utamanya MBR. “Di Pusat ada PIP tetapi kuotanya sedikit, setiap saya turun ke masyarakat, banyak yang membutuhkan untuk anaknya yg di SMA/SMK dan sederajat. Memang perlu ada program yang serupa, akhirnya lahir beasiswa pemuda tangguh.” ucap Ajeng.

Maka Ajeng menekankan, pemkot segera menyelesaikan MoU dengan Pemprov Jatim, mengingatkan program beasiswa pemuda tangguh banyak ditunggu masyarakat. “Saran saya yaitu, pertama pemkot segera dislesaikan MoU dengan pemprov, kasian pemuda tangguh kita jika harus menunggu." seru Ajeng.

Di samping itu, Ajeng mengimbau dinas terkait sosialisasi tidak pasif, hanya mengandalkan pendaftaran saja. Namun segera menjalin komunikasi dengan sekolah. Supaya bantuan benar-benar tersalur secara merata.

"Saya minta dinas tidak pasif," tegas Ajeng.

Dan yang lebih penting, kata Ajeng, bantuan pendidikan tidak boleh double, apalagi tidak tepat sasaran.

Maka, ia mengimbau harus diimbangi update data MBR terbaru. "Jangan sampai ada celah, bantuan pendidikan APBD harus digunakan untuk sekolah dan pendidikan masa depan generasi muda surabaya, niat murni Pemkot bersama DPRD.” demikian tutup Ajeng.