Catatan MAS AAS

'Kita adalah apa yang kita percayai.' (C.S Lewis)

oleh : -
'Kita adalah apa yang kita percayai.' (C.S Lewis)
yudisium

MAHASISWA merupakan salah satu elemen penting dalam setiap episode perjalanan sebuah bangsa! Malam ini tepat pukul 7 diadakan YUDISIUM di Fakultas Ekonomi, ITB Yadika Pasuruan.

Yudisium adalah salah satu pertanda ketika seseorang akan lulus menjadi sarjana di perguruan tinggi! Sekitar 200-an lebih, mahasiswa prodi manajemen dan akuntansi, tumplek blek di Auditorium ITB Yadika. Sebuah perjuangan yang tidak gampang, para mahasiswa itu bisa memiliki tiket dan berhak ikut yudisium di ruang auditorium kampus tercinta.

Ruangan auditorium tampak mewah, juga megah, dan wajah-wajah mahasiswa terlihat begitu bahagia, dengan senyum merekahnya, duduk dengan nyaman di kursi yang sudah disiapkan di balairung auditorium!

Saya kira malam ini yang bahagia tidak hanya mahasiswa saja. Juga tentunya pihak Yayasan Yadika plus pejabat struktural dan seluruh staf akademik FEB di ITB Yadika. Dan tentunya adalah penulisnya sendiri, karena ada beberapa mahasiswa yang dibimbing skripsinya, ikut juga yudisium sekarang ini. "Selamat rek, wis lulus yo?" Anak-anak itu tampak wajahnya berseri-seri, tegang dan kerut yang biasanya menghiasi wajahnya hilang tidak tampak lagi malam ini. Mereka spontan berucap,"Pak Andi, makasih ya, atas bimbingan dan ajaran-ajaran yang disampaikan bapak di kelas selama ini!"

Dapat ucapan dari mahasiswa seperti di atas. Cukup membuat hati ini mongkok puas dan plong saja malam ini! Sepertinya anak-anak itu layak ditahbiskan menjadi seorang sarjana di acara yudisium sekarang. Kenapa begitu? Karena selama hampir 1.460 hari, alias 4 tahun, mereka telah berproses banyak hal di STIE Yadika sebelumnya, yang sekarang berubah jadi Fakultas Ekonomi! Ada tangis, ada haru, dan ada harapan, di acara yudisium malam ini!

Penulis sangat meyakini, bahwa hanya dengan berpendidikan lah, seorang manusia itu bisa berubah nasibnya. Setidaknya ada banyak kesempatan dan peluang di masa depan yang akan dialami! Juga termasuk bagi seluruh mahasiswa yang ikut yudisium. Tanpa terkecuali!

Hidup yang tidak diperjuangkan tidak layak untuk dimenangkan. Selamat berbahagia, teruntuk seluruh mahasiswa yang sudah lulus dan ikut yudisium malam ini, sukses selalu. Anda layak berpesta dan merayakan keberhasilan sekarang, setelah semua yang Anda alami!