Bangkitkan Perekonomian Jember Bakal Gelar Event Berskala Internasional

oleh : -
Bangkitkan Perekonomian Jember Bakal Gelar Event Berskala Internasional
Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto (Tengah) didampingi Ketua Tim Penggeak PKK Jember Dra Hj Kasih Fajarini (kanan), dan CEO Asia Trail Master, Crist Van Der Velde, warga negara Belgia dan Alfan, selaku penterjemah

JEMBER (jatimupdate.id) - Bangkitkan Perekonomian Jember Bakal Gelar Event Berskala Internasional, seiring dengan mulai menurunnya Pandemi COVID-19 menjadi status endemi. Event itu diharapkan mampu menjadi daya pegas bagi tumbuhnya kembali perekonomian di Kabupaten Jember, setelah selama dua tahun bergelut menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, didampingi Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Jember Dra Hj Kasih Fajarini Hendy Siswato, CEO Asia Trail Master, Crist Van Der Velde, warga negara Belgia dan Alfan, selaku penterjemah dan salah satu panitia, menyampaikan gagasan besar itu pada keterangan persnya, di area alun-alun Jember, pada Jumat (06/05/2022) malam.

"Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi kita akan mengadakan event berskala Internasional, diantaranya  J-Fest (Jember Festival) akan di gelar di Sevendream City mulai besok (Sabtu, 06 Mei 2022)," tutur orang nomor di Jember itu.

Untuk memeriahkan acara tersebut, kata Hendy, panitia akan menghadirkan penyanyi kondang, kelas nasional yang dihadirkan oleh panitia J Fest yakni Tulus dan Pamungkas.

"Pada saat J-Fest  juga akan melibatkan  ratusan produk UMKM, agar bisa dijadikan sebagai ajang mulai bergeraknya perekonomian di Kabupaten Jember," ujarnya

Selain J-Fest, lanjut Bupati Hendy, juga akan digelar event besar lainnya, diantaranya Jember Ultra Marathon, Kids Marathon Tingkat Provinsi, Pekan Olah Provinsi (Porprov) Jawa Timur, JFC, Pesta Rakyat Jember, Tax Awards dan J-Asn.

"Event event itu akan dilaksanakan secara berkala, hingga tahun 2023," paparnya. 

Sedangkan Jember Ultra Marathon, merupakan event besar berikutnya, yang berskala Internasional,  akan digelar pada  tanggal 19 - 22 Agustus, dengan jarak tempuh 70 km.

"Nanti selengkapnya bisa dijelaskan panitia," imbuhnya.

Disamping itu juga akan digelar event di setiap kecamatan se kabupaten Jember, sehingga diharapkan dapat menggerakkan ekonomi secara bersama - sama.

"Kenapa seperti itu, karena Jember yang memiliki kepadatan penduduk, 2,6 Juta merupakan kekuatan tersendiri untuk mengangkat perekonomian dengan kekuatan lokal sendiri," jelasnya.

Hendy berharap pembangunan infrastruktur sudah rampung sekitar bulan agustus 2022, sehingga dapat memberikan kemudahan untuk membangun akses di seluruh kabupaten Jember.

"Ini juga diperlukan untuk meningkatkan daya tarik daerah," imbuhnya. 

Dengan banyaknya atlit dan ofisial serta penonton dari manca, Pemkab Jember telah menyiapkan tempat dan sarana pendukung lainnya. Bupati Hendy telah menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Hotel Restoran Republik Indonesia (PHRI), Dewan Wisata Jember (DWJ) dan pegiat wisata lainnya.

Disinggung soal kesiapan Porprov Jatim ke VII, Bupati Hendy menyatakan kesiapannya  sebagai salah satu Panitia Porprov Jatim, bersama Kabupaten Lumajang.

Kata Hendy, pihaknya diberi tanggung jawab menyiapkan Seremoni pembukaan, venue dan atlit peserta.

"Untuk keperluan akomodasi menjadi tanggung jawab masing-masing kabupaten yang ikut," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Hendy juga berharap dukungan dari segenap masyarakat, termasuk kepada pers, demi suksesnya program yang akan dilaksanakan.

"Mari kita lakukan bersama-sama, pemkab Jember juga siap mendukung apapun bentuk kegiatannya, sehingga kemakmuran masyarakat dapat tercapai," pintanya. 

Hendy juga menyebut kebijakan wisata gratis yang diberlakukan  di Pantai Wisata Watu Ulo, Tanjung Papuma, Pemandian Patemon dan Wisata Rembangan, yang menurutnya telah mampu menciptakan marketplace baru di sepanjang jalan menuju tempat wisata.

"Alhamdulillah, setelah dua hari pemberlakuan tiket wisata gratis itu sudah mulai tampak ada peningkatan  perekonomian masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, CEO Asia Trail Master, Crist Van Der Velde, warga negara Belgia  melalui penterjemah yang juga panitia, Alfan, mengatakan  gelaran Jember Ultra Marathon ini nanti akan menjadi sejarah bagi dunia , karena 2 event digelar di hari yang sama. Jember Ultra Marathon adalah gabungan antara Root Running dan Trail Running.

"Ini akan menjadi sejarah di Indonesia, karena baru pertama digelar," jelas Alfan.

Untuk root running, peserta akan berlari secara bersamaan tetapi finish mengikuti kategori. Ada yang 10 kilometer, ada yang 21 kilometer dan 42 kilometer. Sedangkan trail running berjarak 70 kilometer. Root Running Semua akan dilaksanakan di alun alun Jember, untuk Trail Running dari Rembangan dan finish di Alun-Alun Kota.

"Kami yakin, Potensi atlit Jember akan bermunculan dengan adanya event ini, yang diperkirakan ada lebih dari seribu atlit akan ikut trial running," tuturnya. (Agung)