Adhy Karyono Sebut Pentingnya Digitalisasi Pelayan Publik dan Inovasi Sebagai Ruh Birokrasi

Reporter : -
Adhy Karyono Sebut Pentingnya Digitalisasi Pelayan Publik dan Inovasi Sebagai Ruh Birokrasi
Workshop Penguatan Keberlanjutan Inovasi Pelayanan Publik Prov. Jatim di Hotel Haris Surabaya, Jumat (2/9).

Surabaya (Jatimupdate.id) -Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menyebut bahwa Inovasi menjadi salah satu instrumen penting dalam proses birokrasi yang ada di Jawa Timur. Oleh karenanya, di era transformasi informasi dan transformasi digital saat ini inovasi menjadi kata kunci.

"Ibu Gubernur di berbagai kesempatan mengatakan bahwa melalui inovasi kita akan mampu menjawab harapan dan tuntutan masyarakat secara lebih cepat," ungkapnya saat membuka Workshop Penguatan Keberlanjutan Inovasi Pelayanan Publik Prov. Jatim di Hotel Haris Surabaya, Jumat (2/9).

Baca Juga: Pelindo Komitmen Kembangkan Inovasi Berkelanjutan, SPMT Gelar Workshop Design Thinking

Adhy panggilan akrab Sekdaprov Jatim itu mengatakan, inovasi memungkinkan setiap birokrat untuk bekerja bukan lagi dengan cara biasa atau ordinary, melainkan bekerja dengan cara cara luar biasa atau extra ordinary.

Pihaknya menyebut, jika suatu instansi ataupun birokrasi tidak melakukan inovasi secara inovatif maka kinerja yang akan dihasilkan tidak akan optimal dan bisa menurunkan kepercayaan publik.

Baca Juga: Gubernur Khofifah : Tingkat Literasi Digital Masyarakat Masih Dilevel Sedang

"Perkembangan dunia dan tuntutan layanan publik yang semakin cepatĀ  dan masif ini harus ditangkap sebagai bentuk pelayanan yang harus dijawab secara prima melalui sarana inovasi dan kreatifitas," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Sekdaprov Adhy, Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berharga untuk mendorong pemerintah cepat mengadopsi program maupun sistem secara digital. Area area publik juga terus dioptimalkan untuk memberikan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital sehingga masyarakat turut mengakselerasi dan memodernisasi pelayanan publik.

Baca Juga: Alladin, Inovasi Alat Sterilisasi Kedokteran Gigi Karya Mahasiswa UB Menggunakan Internet of Things

Digitalisasi pelayanan publik tidak hanya berbicara tentang kesiapan infrastruktur digital saja, tetapi juga harus diikuti oleh perubahan pola fikir dan kompetensi baik kepada penyedia pelayaanan publik maupun masyarakat sebagai pengguna layanan publik. (yah)

Editor : Redaksi