KKN Tematik Universitas Brawijaya Dampingi Petani Kopi Ledug Pasuruan

oleh : -
KKN Tematik Universitas Brawijaya Dampingi Petani Kopi Ledug Pasuruan
Tim KKN-T DM memberikan dukungan kepada UD Kopi Ledug Pasuruan

PASURUAN (Jatimupdate.id) -Kelompok KKNt DM Universitas Brawijaya (UB) membantu UD Kopi Ledug yang berlokasi di Pasuruan menerapkan Sistem Manajemen perusahan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu produk kopi lokal.

Tim KKN-T DM memberikan dukungan kepada UD Kopi Ledug dalam pengembangan produk khususnya pembaharuan packaging, memberikan rekomendasi vendor packaging yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra, memberikan pendampingan dalam pengajuan sertifikasi HACCP, membantu penyusunan dokumen SOP, SSOP, dan GMP serta pembuatan profil bisnis.

Kegiatan ini memiliki output berupa pengadaan peralatan proses produksi dan terjalinnya kerjasama antara Universitas Brawijaya (UB) dengan mitra UD Kopi Ledug.

Ketua kelompok tani Mitra Karya Tani (MKT) Widi Prayitno, Senin (1/8/2022) menyambut baik kegiatan program KKN-DM yang dilaksanakan olek LPPM UB.

Menurut Widi Prayitno pelatihan pembuatan dokumen sertifikasi HACCP akan memberikan dampak baik bagi UD Kopi Ledug dalam memasarkan produknya baik didalam negeri maupun luar negeri.

Tim Doktor Mengabdi terdiri dari Sri Palupi Prabandari, SE., MM., Ph.D (Dosen Manajemen), Ir. Endra Yuafanedi Arifianto, ST. MT. (Dosen Teknik Industri) sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Jaya Mahar Maligan, STP. MP (Dosen Ilmu Pangan dan Bioteknologi) sebagai pembimbing dan penasihat, dan tim KKN-DM 15 mahasiswa dari Departemen Teknik Industri, Departemen Manajemen Program Studi Kewirausahaan, dan Departemen Ilmu Pangan dan Bioteknologi.

Kelompok KKN-DM ini juga didukung oleh mahasiswa pascasarjana, antaralain Dunga Dwi Barinta, SE (pascasarjana manajemen) dan Irma kurniasari, SE.