Luncurkan Hotline Pengaduan, Kementerian ATR Serukan Lawan Mafia Tanah

Reporter : -
Luncurkan Hotline Pengaduan, Kementerian ATR Serukan Lawan Mafia Tanah
Hadi Tjahjanto saat menyerahkan sertifikat tanah, pada Rabu (6/7)/Foto Instagram

JAKARTA (Jatimupdate.id)-Luncurkan Hotline Pengaduan. Kementerian ATR Serukan Lawan Mafia Tanah, Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan hotline pengaduan masyarakat melawan mafia tanah.

Hotline pengaduan, dikaitkan langsung dengan evaluasi kinerja Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) dan Kakantah atau Kepala Kantor Pertanahan Kementerian ATR/BPN beserta jajarannya.

Pada kesempatan itu, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menegaskan mafia tanah harus dilawan.

"Dalam rangka mengubah wajah ATR/BPN menjadi kementerian yang lebih terbuka, responsif, melayani dan menerima kritikan, selain memiliki aplikasi LAPOR bekerja sama dengan MenPAN-RB, pada kesempatan ini saya juga meluncurkan hotline kontak pengaduan masyarakat melalui WhatsApp di https://wa.me/081110680000 ," kata Hadi dalam keterangan tertulis dikutip dari detik.com

Tidak hanya meluncurkan hotline pengaduan, Kementerian ATR/BPN juga meluncurkan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) dan Pembukaan Loket Prioritas yang dikhususkan bagi pengurus tanah secara langsung, tidak diwakili pihak ketiga.

"Kita berikan karpet merah untuk warga yang mengurus sendiri administrasi tanahnya," kata mantan Panglima TNI itu.

Hadi menyatakan, ia akan fokus pada satu pernyataan, setelah dilantik sebagai menteri. Pertanyaan ini mengenai kepercayaan masyarakat.

"Respons dan kemampuan menyelesaikan keluhan masyarakat menjadi menjadi KPI (Key Performance Indicators) dalam menentukan promosi, mutasi, rotasi atau bahkan demosi di tubuh ATR/BPN. Kita lahir melayani rakyat, maka kualitas pelayanan adalah indikator keberhasilan utama," ujar Hadi.

"Semenjak dilantik saya terus fokus pada pertanyaan, bagaimana rakyat bisa percaya dan menjadi dekat dengan ATR/BPN. Jawabannya BPN harus terus meningkatkan inovasi pelayanan dan responsif terhadap kritik, keluhan dan saran masyarakat," kata Hadi 

Editor : Ibrahim