Sego Kelor dan Tempe Melawan Gempuran Fast Food

oleh : -
Sego Kelor dan Tempe Melawan Gempuran Fast Food
Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak saat menghadiri penyuluhan tempe yang baik dan sehat serta festival jajanan pasar dan demo masak di Pendopo Kab. Lumajang, Jumat (19/8).

Lumajang (Jatimupdate.id) - Sego Kelor dam Tempe khas dari Lumajang memiliki citra rasa yang unik dan enak. Bahkan, Sego Kelor dan Tempe khas Lumajang ini kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi.

"Saya berharap masyarakat Lumajang ikut serta mempromosikan Sego Kelor agar  makanan ini lebih dikenal dan diminati banyak orang," jelas Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak.

Selain Sego Kelor khas Lumajang, Arumi juga memuji makanan khas Lumajang lainnya seperti Tempe dan beragam jenis tempe yang kaya akan nutrisi nabati. Makan tempe ini harus terus digencarkan ditengah gempuran makanan Fast Food.

"Saya tadi mencoba Sego Kelor dan Tempe Khas Lumajang dan ternyata rasanya enak. Punya rasa dan warna yang khas yakni memiliki warna hijau muda dengan aroma sedap," ujar Ketua TP PKK Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak saat menghadiri penyuluhan tempe yang baik dan sehat serta festival jajanan pasar dan demo masak di Pendopo Kab. Lumajang, Jumat (19/8).

Arumi menjelaskan, banyak khasiat Sego Kelor yang bahan bakunya yakni daun kelor yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sego kelor juga cocok dihidangkan dengan berbagai macam lauk pauk dan disukai oleh semua kalangan.

Menurutnya, untuk menggaungkan agar sego kelor semakin dikenal luas oleh masyarakat dibutuhkan kerja keras dan kerjasama oleh berbagai pihak di 21 kecamatan yang ada di Lumajang guna mempromosikan makanan khas dari masyarakat Lumajang ini.

Istri Wagub Jatim tersebut meminta agar produk olahan tempe bisa dijadikan makanan kesukaan generasi muda baik di Lumajang maupun Jatim.

"Jangan sampai generasi muda kita menganggap Tempe adalah makanan jadul. Mereka harus diberikan informasi bahwa tempe adalah makanan enak, dengan beragam olahan dan terpenting memiliki banyak nutrisi maupun vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita," tegasnya.

"Tempe yang berbahan dasar kedelai ini mengandung vitamin B12 dan sumber protein lengkap. Juga, menjadi makanan rumahan tradisional Indonesia yang sederhana dan murah, tetapi manfaatnya besar bagi kesehatan manusia. Semoga Sego Kelor dan Tempe khas Lumajang bisa Booming dan terkenal seperti makanan khas Madiun yakni Pecel Madiun. Jadi setiap kita ke Lumajang yang dicari harus Sego Kelor ataupun Tempe Lumajang," imbuhnya. (yah)