KAI Daop 8 Surabaya Catat Volume Penumpang Semester 1 2024 Naik 12,9 Persen 

Reporter : -
KAI Daop 8 Surabaya Catat Volume Penumpang Semester 1 2024 Naik 12,9 Persen 
Penumpang KAI Daop 8 Surabaya

Surabaya, JatimUPdate.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatatkan hasil positif dalam peningkatan volume pelanggan pada periode semeseter 1 tahun 2024.

Dibandingkan periode yang sama ditahun sebelumnya.,yakni periode 1 Januari hingga 30 Juni 2024, volume penumpang tercatat mencapai 2.896.332 pelanggan.

Baca Juga: Seorang Pemimpin Sejati bukanlah Pencari Konsesus: Ia Pembentuk Konsesus

Rinciannya, 939.181 penumpang Kelas Eksekutif, 125.003 penumpang Kelas Bisnis, dan 1.832.148 penumpang Kelas Ekonomi.

Sementara periode yang sama tahun sebelumnya, 1 Januari hingga 30 Juni 2023, volume penumpqng tercatat sebanyak 2.565.356 pelanggan, dengan rincian 862.125 penumpang Kelas Eksekutif, 126.878 penumpang Kelas Bisnis, dan 1.576.353 penumpang Kelas Ekonomi. 

Seperti yang disampaikan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, bahwa terjadi peningkatan volume pelanggan di KAI Daop 8 Surabaya sebanyak 330.976 atau meningkat 12,9% pada periode semeseter 1 tahun 2024 dibandingkan periode semester 1 tahun sebelumnya. 

Terlebih kata Luqman Arif, meningkatnya volume pelanggan pada periode semester 1 tahun 2024 dibanding periode semester 1 tahun 2023, salah satunya diperkirakan adanya sejumlah inovasi peningkatan pelayanan yang KAI Daop 8 Surabaya lakukan seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru, peningkatan kecepatan, dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun.

Baca Juga: Per 1 Juni, PT KAI Menetapkan Kebijakan Baru Pembatalan Tiket, Ini Penjelasannya

Dia membeberkan, di tahun 2023 hingga 2024, PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan berbagai inovasi seperti peremajaan sarana KA Argo Bromo Anggrek dan KA Majapahit dengan menggunakan jenis Kereta Stainless Steel New Generation, penambahan KA baru seperti KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir PP dan KA Malabar keberangkatan pagi relasi Malang - Bandung, serta melakukan peningkatan kecepatan seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023. 

Selain itu, kata Luqman, juga adanya Inovasi produk KAI Daop 8 Surabaya yang menghadirkan Kereta Kompartmen dirangkaikan pada KA Argo Semeru dan KA Bima untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat dalam perjalanan. 

Luqman mengungkapkan, untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, KAI Daop 8 Surabaya juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun, diantaranya dengan menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang, serta fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding. 

Baca Juga: PT KAI Meraih Penghargaan Peduli Lansia dari Pemprov Jatim

Dengan semangat melayani, KAI Daop 8 Surabaya berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat Waktu.

"KAI Daop 8 Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas," pungkas Luqman Arif.

Editor : Redaksi