Mahasiswa KKN PSDKU UB Ajarkan Pembuatan Taman Sayur Dengan Pola Vertical Plan

oleh : -
Mahasiswa KKN PSDKU UB Ajarkan Pembuatan Taman Sayur Dengan Pola Vertical Plan
Taman Sayur Dengan Pola Vertical Plan

Kediri (Jatimupdate.id) -KKN Mahasiswa Fakultas Pertanian PSDKU Universitas Brawijaya Kediri adakan pelatihan pembuatan taman sayur di Dusun Klodran desa sidomulyo kecamatan semen kabupaten Kediri,(8/8/2022).

Peserta Pelatihan taman sayur adalah Kader PKK, Posyandu dan Lansia. Selama kegiatan peserta di ajarkan bagaimana memaksimalkan lahan kurang lebih sekitar 14 x 8 meter agar dapat dikelola dan di tata kembali untuk menanam sayur.

“Diharapkan dengan pelatihan taman sayur ini dapat meningkatkan minat  kader PKK, Posyandu dan lansia dalam bercocok tanam sayur, karena hasil panen yang nantinya diperoleh dapat langsung dimanfaatkan untuk mereka, baik dikonsumsi langsung ataupun dapat dijual dipasaran” jelas Shabrina Emilia Nur’Ain selaku penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan diawali dengan survey lokasi bersama peserta untuk kemudian membuat sketch atau pola gambaran tata letaknya tanaman. Kemudian menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan taman sayur seperti cangkul, arit, linggis, gerobak tanah, gunting, dan meteran.

Pelatihan tanam sayur memanfaatkan beberapa barang bekas seperti botol air mineral yang digunakan sebagai wadah/media menanam. Botol-botol tersebut dibersihkan kemudian dipotong sedikit pada bagian bawahnya, agar dapat diisi dengan media tanam.

Pengolahan tanah diawali dengan membersihkan permukaan tanah dari tanaman penggangu dan sampah yang tertimbun didalamnya, seperti sampah dari bahan plastic, kain atau besi yang tidak bisa terurai tanah. Kemudian dalam proses penggemburan, tanah di cangkul dan di garu agar gumpalan tanah tercacah. Setelah gembur, tanah dicampur dengan media tanam lainnya, media tanam yang digunakan ialah komposisi dari tanah, arang sekam, pupuk kandang, dan pupuk Mutiara.

Jenis tanaman sayur yang digunakan adalah kangkung, bayam hijau, bayam merah, sawi pakcoy, kale, seledri, cabai, dan tomat. Jenis sayur tersebut mudah untuk tumbuh dan cepat untuk dipanen.

Penanaman benih menggunakan dua cara, pertama langsung disebar di tanah seperti benih kangkung, bayam, dan seledri. Cara kedua dengan disemai telebih dahulu seperti benih sawi, pakcoy, cabai dan tomat.

 Penanaman benih sayur peserta pelatihan KKN PSDKU UB KediriPenanaman benih sayur peserta pelatihan KKN PSDKU UB Kediri

Cara Tanam dengan Pola Vertical Planter

Pola penanaman sayur yang diajarkan ada dua, pertama dilahan tanah, dimana dibuat pola leter L mengikuti kontur lahan, dan dengan sistem penanaman vertical dengan menggunakan wall planter yang terpasang di dinding.

Terdapat lima wall planter dimana terdapat 15 kantong tiap wall planter. Penyiraman dilakukan di pagi dan sore hari setiap harinya, pemberian pupuk dilakukan sekali di awal penanaman, selain itu setiap hari diamati perkembangan tanaman.

Kondisi lingkungan sekitar plot tanaman juga diperhatikan dengan baik, seperti rutin membersihkan tanaman liar dan gulma, monitoring dari serangan hama dan penyakit tanaman. Dengan cara tersebut diharapkan semua tanaman dapat tumbuh maksimal dengan kualitas dan kuantitas yang baik, tidak ada serangan hama ataupun serangan penyakit, lingkungan sekitar lahan bersih, rapih dan asri sehingga pengunjung nyaman ketika berada disana.

Pasca kegiatan pelatihan, Lokasi Taman Sayur menjadi tempat berkumpul baru untuk para anggota posyandu lansia, mereka rutin meneruskan bercocok tanam sayur di lokasi tersebut. (yah)

Tim KKN Sidomulyo Bersama Bapak Septian Maulana Purnama, SP., MP selaku Dosen Pembimbing LapangTim KKN Sidomulyo Bersama Bapak Septian Maulana Purnama, SP., MP selaku Dosen Pembimbing Lapang