Belajar Mengenal dan Mengolah Sampah di Kampung Edukasi Sampah

Reporter : -
Belajar Mengenal dan Mengolah Sampah di Kampung Edukasi Sampah
SMA Kristen Petra Acitya Pondok Candra Sidoarjo belajar olahan sampah di Kampung Edukasi Sampah

Sidoarjo,JatimUPdate.id - Puluhan pelajar dari SMA Kristen Petra Acitya Pondok Candra Sidoarjo mendapat pengalaman langsung dalam mengenal dan mengelola sampah di Kampung Edukasi Sampah RT 23 Sekardangan Sidoarjo. 

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi lingkungan dan pentingnya pengelolaan sampah yang benar.

Baca Juga: Kampung Kauman Berseri Tambak Osowilangun Surabaya Kunjungi Kampung Edukasi Sampah

Retno Mulyo, salah satu kader lingkungan dari RT 23 RW 07 Sekardangan Sidoarjo, menyatakan bahwa pelajar sangat antusias dalam belajar tentang pengelolaan sampah. 

Dia menekankan pentingnya memilah sampah organik dan anorganik sejak dari rumah sebagai langkah awal untuk mengatasi persoalan sampah.

Selama kunjungan, dipandu oleh para kader lingkungan dengan memberikan edukasi tentang berbagai metode pengelolaan sampah, termasuk teknik pemilahan sampah, penggunaan teknologi seperti Takakura dan Tong Aerob, serta pembuatan Eco Enzim dari bahan-bahan organik. 

Baca Juga: Disinggung TPS Tambak Rejo, DLH: Perangkat Daerah Menyiapkan Tempatnya Dimana?

Para siswa juga diajak untuk melakukan praktek memilah sampah dan membuat karya daur ulang sampah secara kreatif.

Menyambut program P 5 (Peduli pada Pancasila, Peduli pada Bangsa, Peduli pada Lingkungan, Peduli pada Sekolah, Peduli pada Sesama). 

Hera, guru Biologi yang turut mendampingi siswa mengungkapkan bahwa mengajak siswa untuk peduli pada lingkungan dengan mengawali dari hal-hal sederhana di lingkungan sekitar. 

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah Jatim Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Jatim

Kunjungan ini dianggap dapat memotivasi para siswa untuk lebih peduli pada lingkungan dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga menginspirasi para siswa untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan, memulai dari tindakan-tindakan sederhana di sekitar mereka.

Editor : Redaksi